Macam-macam Penyakit Kanker dan Penyebabnya

Posted by firman syah

Penyakit Kanker adalah Pembunuh nomor 2 di dunia. Setiap 11 menit ada satu penderita kanker yang meninggal. Dan Setiap 3 menit ada satu penderita baru. Di Indonesia, Penyakit Kanker menempati peringkat 5 yang menyebabkan kematian.
Penyakit Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Penyakit kanker bisa berkembang cepat dan bisa juga berkembang dengan lambat, tergantung jenisnya. Hanya beberapa penyakit kanker yang dapat diobati secara memuaskan, terutama jika diobati saat masih stadium dini. Keberhasilan pengobatan sangat ditentukan oleh jenis kanker, keadaan umum penderita, stadium kanker, dan usaha penderita untuk sembuh.
Penyakit Kanker bukan suatu penyakit yang ringan. Langkah awal dalam pengobatan penyakit kanker adalah deteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh pasien adalah benar-benar sel kanker ganas.

Adapun jenis-jenis Kanker yang dikenal saat ini adalah

Krisinoma 
Jenis Kanker ini berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas, dan esofagus.
Glioma
Adalah kanker susunan syaraf, misalnya sel-sel glia (jaringan penunjang) di susunan saraf pusat.
Leukemia
Kanker jenis ini tidak membentuk massa tumor, namun dapat memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal
Limfoma 
Limfoma adalah jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, seperti jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang.

Faktor – faktor penyebab Penyakit Kanker

Penyebab Penyakit Kanker sulit untuk mengetahui secara pasti karena merupakan gabungan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan. Namun sebenarnya ada faktor-faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya Penyakit Kanker, antara lain adalah :
Faktor keturunan 
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya.
Faktor kejiwaan, emosional 
Stres yang berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh.
Faktor prilaku
  • Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol.
  • Perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan.
Faktor makanan yang mengandung bahan kimia 
Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah :
  • Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung
  • Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  • Zat pewarna makanan
  • Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
  • Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.

Gejala-gejala Penyakit Kanker

Gejala Penyakit Kanker secara umum yang timbul tergantung dari jenis atau organ tubuh yang terserang yaitu :
  • Pendarahan atau pengeluaran cairan yang tidak wajar, misalnya ludah, batuk atau muntah yang berdarah, mimisan yang terus menerus, cairan puting susu yang mengandung darah, cairan liang senggama yang berdarah (diantara menstruasi/menopause) darah dalam tinja, darah dalam air kemih.
  • Perubahan kebiasaan buang air besar
  • Luka yang tidak sembuh – sembuh
  • Benjolan pada payudara
  • Perubahan tahi lalat atau kulit yang mencolok
  • Gangguan pencernaan, misalnya sukar menelan yang terus menerus.
  • Penurunan berat badan dengan cepat akibat kurang lemak dan protein (kaheksia)
  • Tuli, atau adanya suara – suara dalam telinga yang menetap.
  • Nyeri dapat terjadi akibat tumor yang meluas menekan syaraf dan pembuluh darah disekitarnya, reaksi kekebalan dan peradangan terhadap kanker yang sedang tumbuh, dan nyeri juga disebabkan karena ketakutan atau kecemasan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment