Gagal Ginjal Akut

Posted by firman syah

Apa itu Gagal Ginjal Akut?
Gagal Ginjal Akut adalah kemunduran yang cepat dari kemampuan ginjal dalam membersihkan darah dari bahan-bahan racun, yang menyebabkan penimbunan limbah metabolik di dalam darah (misalnya urea).
Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut
Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di dedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :
  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.
Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah: Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.
Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal dua macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.
Gejala Penyakit Gagal Ginjal Akut
Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain: Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah/darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri.
Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain: Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan kurang, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi.
Segera priksakan diri ke dokter apabila menemui gejala-gejala yang mengarah pada kelainan fungsi ginjal. Penanganan yang cepat dan tepat adakan memperkecil resiko terkena penyakit ginjal tersebut.
Pantangan Makanan Penyakit Gagal Ginjal Akut
Kami akan berikan solusi untuk penderita gagal ginjal dalam membantu penyembuhan penyakitnya yaitu salah satunya dengan mengindari pantangan makanan gagal ginjal. Di bawah ini pantangan makanan gagal ginjal yang harus di ketahui oleh si penderita,diantaranya :
  • Kurangi makan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti : nasi, jagung, kentang, pasta, makaroni, ubi, hevermout.
  • kurangi asupan makanan yang mengandung protein yang berlebih seperti : ayam, ikan, daging kambing, udang, hati, kej, telur.
  • kurangi asupan sayuran dan buah- buahan tinggi kalium seperti : apel alpukat, jeruk, pisang, buncis, kembang kol, seledri, pepaya dan daun pepaya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment